SELAMAT UNTUK GARUDA JAYA U-19 YANG MEMBUNGKAM KORSEL 3-2 DALAM LAGA AFC CUP GRUP G

Rabu, 01 Mei 2013

Pulau Gili Iyang, Jadi Maskot Wisata Kesehatan Dunia?


                                                           Sumber foto (berita jatim)

Lintas Madura (01/05/2013)-Hal yang unik terjadi Pulau Gili Iyang Kabupaten Sumenep, Jawa Timur yang akan menjadi destinasi wisata kesehatan (medical tourism). Hal ini dikarenakan Pulau ini memiliki keistimewaan memiliki kadar oksigen yang sangat sehat yakni 20,9 persen dengan level explosive limit (LEL) 0,5 persen, dan kadar pencemaran udara yang sangat rendah.

Berdasarkan penelitian Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) tahun 2006, didapatkan kesimpulan parameter polusi udara CO2, CO, NO2, dan SO2 di pulau ini punya konsentrasi jauh lebih rendah dibanding nilai ambang batasnya. Kondisi ini terukur pada transisi musim panas ke musim penghujan. Pada musim hujan ke musim kemarau, konsentrasi oksigennya lebih bagus.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Sumenep berencana untuk mempromosikan pulau ini ke luar, agar menjadi salah satu tujuan wisata kesehatan dunia. Cuma persoalan yang dihadapi adalah fasilitas transportasi yang belum memungkinkan pengunjung ke perairan Gili Iyang, karena untuk ke sana hanya bisa dilalui dengan perahu motor dari pelabuhan Dungkek Sumenep.

Untuk kepentingan itulah, potensi pulau ini pun coba dipamerkan Pemkab Sumenep pada Agri Pro Asia di Hong Kong, pekan ini, di Hongkong Convention & Exhibition Centre, sebagaimana disampaikan Wakil Bupati Sumenep Soengkono Sidik. Dalam pameran ini mereka juga mempromosikan rumput laut, ikan kerapu napoleon, lobster, teri putih, juga cabe jamu, produk-produk yang banyak dicari di pasar Hong Kong dan China.

Menurut Soengkono Sidik, pihaknya akan melakukan penataan Pulau Gili Iyang, antara lain dengan merenovasi rumah penduduk sekitar, ditambahi dengan kamar yang bisa dijadikan tempat menginap wisatawan sehingga menambah penghasilan penduduk. Akan dibangun juga fasilitas jogging track, fasilitas untuk konselor kesehatan, wisata memancing dengan spot-spot tertentu dengan dengan ikan-ikan besar.
Menurutnya, hanya ada dua wisata kesehatan di dunia, yakni Laut Mati di Yordania, dan di Indonesia, yakni Pulau Gili Iyang ini.

Pulau Awet Muda
Gili Iyang adalah sebuah pulau kecil di antara gugusan pulau-pulau di sebelah timur Pulau Madura. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Ibukota kecamatan Dungkek sendiri berada di daratan Pulau Madura.

Konon, karakter tanah di pulau yang memiliki dua desa, yakni Desa Bencaman dan Desa Ra'as, membuat warganya awet muda dan berumur panjang. Umur seseorang memang sudah ditentukan Tuhan. Tapi warga Giliyang yang berusia 75 tahun ke atas masih segar bugar tanpa olah raga ataupun perawatan kesehatan khusus.

Pulau Giliyang dihuni 3.620 kepala keluarga (KK) atau 8.600 jiwa. Mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Banyak di antara mereka yang berumur 50 tahun hingga 75 tahun dengan kondisi tubuh yang sehat.

(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda