SELAMAT UNTUK GARUDA JAYA U-19 YANG MEMBUNGKAM KORSEL 3-2 DALAM LAGA AFC CUP GRUP G

Jumat, 26 April 2013

Manaqib Syekh Abdul Qodir Jailani Dihadiri Ribuan Jamaah

                                                             Masjid Riaydlus Shalihin Sumenep yang jadi tempat jamaah manaqib

Sumenep, Lintas Madura (25/04/2013)- Acara rutin bulanan pengamal Thoriqoh Qodiriyah wan Naqsabandiyah Sumenep, yakni Manaqib Syekh Abdul Qodir Jailani ra, berlangsung hikmad di Masjid Riyadhus Sholihin Sumenep kemarin malam. Acara tersebut dihadiri ribuan jamaah yang datang dari seluruh wilayah di Kabupaten Sumenep.

Kegiatan bulanan ini serasa sangat istimewaa dikarenakan kehadiran KH Ali Hanafiah Akbar, dari Surabaya yang merupakan salah satu wakil talqin Thoriqoh Qodiriyah untuk wilayah Jawa Timur. Jamaah dengan setia menunggu kehadiran KH Ali Hanafiah Akbar untuk memberikan ceramah manaqib meskipun sampai agak malam. Dalam ceramahnya, KH Ali Hanafiah Akbar memberikan motivasi jamaah untuk meningkatkan zikir kepada Allah dalam setiap kesempatan dan dimanapun saja berada. "Hal ini harus dilakukan agar ruhani kita tidak mudah diperdaya iblis yang tiap saat mengintai. Dengan zikir yang telah ditentukan, maka InsyaAllah kita akan dituntun oleh Allah untuk terus meningkatkan keimanan dan keihsanan serta keislaman kita", tegasnya.

Menurutnya, metode zikir thoriqoh akan membantu umat untuk selalu dekat dan bersama Allah."Orang yang selalu lupa zikir berarti ia telah mematikan hatinya sendiri, dan pasti kalau pada saat lupa Allah, ia akan didekati syaitan", tambahnya. Ia juga mengurai perilaku salat kebanyakan orang yang lalai dan munafik dalam salatnya, yakni orang yang zahirnya salat tapi hatinya tidak khusuk. Padahal kata KH Ali Hanafiah, salat adalah hal yang utama dalam agama dan salat adalah untuk mengingat Allah bukan mengingat selain Allah.

Ia juga menjelaskan tentang hakikat perbedaan dalam perilaku keberagamaan di masyarakat kita yang pada hakikatnya perbedaan itu adalah keniscayaan dan satu-kesatuan. " selama tujuannya sama-sama Laa Ila ha ilallah Muhammadurrasulullah, lalu apanya yang berbeda", tegasnya. Karena menurut KH Ali Hanafiah, manusia itu bertindak menurut maqamnya. " maqamnya saja yang tidak sama,sehingga kelihatan berbeda sedangkan pada tataran ilmu dan ajaran yang sama saja", katanya.

Acara manaqiban ini diawali dengan salat Magrib berjamaah dan zikir bersama, kemudian pembacaan Ayat Suci Al-Quran, pembacaan pesan dan wasiat para Mursyid, pembacaan manaqib dan doa. (mam/lm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda